PENDIDIKAN YANG MENYADARKAN (Lj 1)




Empat kesadaran seperti dibahas sebelumnya menjadi sasaran pemberdayaan pendidikan. Dalam Islam cukup banyak tuntunan tentang ini. Mari dilihat satu persatu. 

Pertama, tentang fisik. Islam memandang bahwa fisik ini sangat menentukan bagi kualitas kehidupan seseorang. Maka setiap orang yang ingin memiliki pasangan diberi kriteria yang baik sebagai pasangan. Artinya sejak menentukan pasangan sudah harus mulai merencanakan untuk punya keturunan. Maka ada empat kriteria yang mesti dimiliki bila ingin mendekati kesempornaan. Yaitu: Mesti Cantik/Ganteng, Kaya atau Hartawan, Bangsawan/keturunan yang berpengaruh dan Taat Beragama.

Kenapa sampai sebegitunya diarahkan? Tidak lain karena berpasangan tujuannya antara lain agar punya keturunan. Sementara Islam berkeinginan bahwa manusia yang lahir, tumbuh dan berkembang harus semporna dan tumbuh dengan fisik dan lingkungan yang baik. Sebab setiap manusia  diserahi amanah menjadi Pengganti Tuhan dalam tanda petik dengan tugas memelihara dan memakmurkan bumi ini. 

Fisik yang kuat, sehat dan utuh adalah sarat utama dalam menjalani kehidupan di bumi. Dengan itulah manusia memungkinkan untuk totalitas menjadi berperan aktif dalam mengemban amanah. Kesadaran akan tumbuh bila fisiknya normal dan utuh. Oleh karena itu soal fisik tidak boleh diabaikan demikian saja. Kedati 
dalam perspektif Iman bahwa segala sesuatunya sudah ditetapkan sesuai takdir masing masing.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar