PENDIDIKAN YANG MENYADARKAN (Lj 2)


Perawatan fisik sangat penting sebab dalam interaksinya dengan alam lingkungan sangat perlu dalam menghasilkan kesadaran. Begitu juga dengan Akal. Kesadarannya menjadi alat bantu pokok dalam kehidupan. 

Karena pentingnya akal usaha pemberdayaannya amat dibutuhkan. 
Perintah berfikir banyak menjelaskan hal-hal yang baru khususnya  pada fenomena alam. Di dalam Al Quran, disebutkan kata Langit 304 kali, Bumi 427 kali, Manusia 402 kali, Gunung 57 kali, Laut 49 kali, Siang 53 kali, dan Malam 99 kali. Belum lagi tentang kissah dan sorga dan neraka serta sifat dan watak manusia yang cukup banyak. Sedangkan mengenai ibadah : Shalat 92 kali, Puasa 13 kali, Zakat 35 kali, Haji 21 kali. Ini membuktikan pentingnya kita memikirkan mengelola alam semesta ini. Perhatikan alam semesta, didik anak agar memiliki keterampilan dalam mengelola bumi.

Ulama adalah kumpulan pakar-pakar  yang menguasai suatu ilmu dengan expert (ahli). Dalam Q.S. Al fathir ayat 28, Ulama adalah orang-orang yang memikirkan pengelolaan semesta.  Sedangkan pada ayat sebelumnya yaitu dalam Q.S. Al fathir ayat 27, siapakah ulama itu? Ulama konteksnya : ada Al Kaun ” dan ‘alim “. Jika ia berpikir dengan sistem limbik, dan menyadari bahwa Allah adalah yang haq, maka ia lah yang sebenarnya ulama.

Ulama jangan didistorsi seperti selama ini. Bila yang bernama Ulama hanya orang yang lulusan Pondok saja, ternyata umat bukan menghadapi soal khilafiyah dalam fiqih, tapi ternyata masalah umat sanga kompleks dan perlu pendampingan para Ulama dalam tanda petik. 

Membangun peradaban sangat membutuhkan ahli dalam segala bidang maka akal harus dicerdaskan dalam menguasai segala disiplin pengetahuan. Bila mungkin penyatuan langkah itu harus segera dilakukan mumpung belum kiamat. Bila tidak maka akal manusia dengan produk pemikiran mapan seperti saat ini  peradaban yang menyesatkan kini akan makin tidak dapat ditaklukkan. Kesadaran model inilah yang harus dilakukan. Al-Quran mesti menjadi landasan mengkaji semua aspek ilmu.

Bersambung...

1 komentar:

  1. Terimakasih ustad semoga ustad sehat selalu sehingga ustad selalu bisa terus membagikan ilmunya untuk kami ustad
    Aamiin ya allah

    BalasHapus