LINGKARAN SETAN


Kondisi kini dihampir seluruh permukaan bumi bahwa kelompok muslim itu sangat akrab dengan: malah banyak meng_identik_kan dengan "Kemiskinan, Kemalasan dan Dalam Tekanan". Kenapa seperti itu?. Bisa jadi akibat kolonisasi. Bisa dilihat kejadian sekitar abad 16. Mulai Mesir, Asia Tenggara, hingga India. Penjajah masuk dari Belanda, Portugis, Prancis, Inggris dsb. Sasaran tembaknya adalah negeri yang dihuni orang Islam. 

Bila dibaca dan dianalisis proses hidup negeri jajahan itu, semuanya merasakan pahit dan sangat getir. Hanya sedikit perbedaan bila Inggris yang  menjajah ataupun Prancis, masyarakat jajahan sedikit tercerahkan sehingga banyak muncul ilmuan dikemudian hari dan pendidikan masyarakat juga lebih baik dan lebih demokratis. Lihatlah Malaysia, India dan Mesir cukup berbeda dibanding dengan Indonesia. 

Tapi secara umum indikator tentang kemiskinan, kemalasan dan dalam tekanan penguasa hampir sama saja. Hanya perbedaannya adalah aspek aspek pengembangan pembangunan dan sistem sosial.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar