IBADAH: MENINGKATKAN KUALITAS DIRI (SYAWAL-'ID FITRI)


AL-Baqoroh ayat 183 menjadi landasan wajibnya Ibadah puasa bagi orang beriman dengan satu tujuan agar sampai pada maqom taqwa. 

Taqwa setidaknya bila dilihat dari aspek kejiwaan, adalah mereka yang sudah selalu dengan konsisten memberikan bantuan atau infaq secara material baik untuk inprastruktur maupun bantuan bagi orang yang butuh, selalu jiwanya stabil karena mampu menahan amarah dan ammaroh, serta dengan ikhlas memaafkan kesalahan orang lain. (Q.S. Ali Imron 127)

Puasa atau Shoum dengan hasil terlatihnya setiap diri secara utuh kokoh menguasai diri, mengendalikan diri dan menahan diri dari segala pengaruh apapun baik luar apalagi dalam dirinya maka inilah yang akan terantar untuk bisa mendaki ke arah jalan takwa.

Ada yang perlu diingat dalam kaitan kualitas diri ini, yakni ada Hati yang menjadi sentral. Dalam perspektif hadits disebut Qolb. Artinya bolak balik. Ternyata setiap Hati/Qolb selalu bersifat bolak balik. Kadang berbalik pada tarikan akal yang difasilitasi pancaindra yang selalu ditunggangi nafsu dan lain lagi ajakan syetan. Dan biasanya dengan tarikan pertama ini hanya cendrung pada hal-hal materi kebendaan. Dan ada kalanya bisa Qolb berbalik pada tarikan Rohani dengan tuntunan Malaikat sehingga Hati tertuntun ke kehendak Ilahi. 

Puasa adalah menggodok Qolb agar selalu memandang serta menghadap ke Rohani. Dengan itulah Qolb akan mendapat arus pencerahan serta  cahaya Ilahi. Apalagi ditambah dengan amalan lain dalam mengisi bulan Ibadah. Sebuah peluang terbuka menjadikan manusianya sampai pada derjat TAQWA tadi sebab telah kuasa menguasai diri dan Qolb menjadi cerdas mencahayai jalan hidup hatipun telah mampu berfatwa pada kemuliaan.

Kini Ramadan berlalu, maka tinggal meneruskan tradisi Puasa Ramadhan dengan segala jenis dan ragam amalan yang ada. Misalkan Zikir menuntun.Qolb agar terus bersama Rohani, qiyamullail, tilawah, bersedekah dll. Itulah pribadi yang Syawal yakni mengalami peningkatan bahkan hingga kembali pada fitrah/'Id Fithri. 

Wallohu'alam. (Ringkasan Khutbah Jum'at)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar