BILA INGIN DAPAT RAIH WALAU TERJAL


Pada suatu sore saat menemani keluarga belanja kepajak terkesima melihat pemandangan dipinggiran jalan merapat ke tembok sebuah bangunan yang mengundang tanda tanyak di benak. Adalah seorang anak kecil-bocah duduk dengan santainya sambil menikmati nasi bungkus dengan lahap. 

Lalu saya menyeberang dan merapat. Masih jarak 2 meter sambil makan ia nyeletuk "Uak, belilah tisu ini" ujarnya. Sambil saya ikut duduk didepannya, kuajak dia ngobrol. Nak, kenapa makan disini? Lalu dia jawab; tadi ada udak-udak membeli tisu jualanku, ditanya udak itu aku apa sudah makan. Belum udak kubilang dibelinya nasi bungkus samaku di kedei yang depan sana kumakan disini uak udal lapar kurasa katanya.

Kulihat jam di HP ku, lho... kenapa sekarang makan, tanggung, kan masih jam setengah lima (04.30) sore tanya ku. Si bocah menjawab, tadi §iang lupa aku makan terus aku jualan jadi lapar kurasa jelas si anak. Terus kutanyai, kau jualan tisu ya....iya uak katanya. Apa tidak sekolah? Sekolah uak jawabnya. Ma§ih SMP kela§ 1. Masih ada ayah?... Ma§ih. Apa kerjanya? ... tukang parkir. Mamanya? ...ndak kerja.

Siapa namamu nak?... KS uak, ...singkatan. Dari marganya kutebak terus .... berarti agama mu Masehi nak...iya uak jawabnya. Ooooo.....Apa kamu disuruh jualan nak?...ndak wak. Kenapa jualan? Ingin beli HP, ...untuk apa HP, mau main game?...ndak uak...jadi?...mau belajar uak...daring. Aku terdiam...memandangi anak yang lagi makan ini...ku beli tisu yang sisa satu bungkus lagi dengan tawaran harga 5000  itu...lalu kusuntikkan sedikit tambahan modal si bocah...sambil kuambil tisunya...dan berpesan padanya...baik baik belajar ya nak...rajin baca buku...menghafal dan ibadah...piginya kau ke gereja kan? Iya uak...Ok...lalu sibocah aku tinggalkan....tapi pikiranku menerawang dan bercampur haru biru...teringat masa kecil dan perjalanan bisa menjadi sarjana...pandangan pandangan perjuangan akan dilanjut sebagai inspirasi dari si bocah KS...





6 komentar:

  1. LUar biasa ceritanya pak. Menuntut kita untuk bisa bermanfaat, bukan hanya dengan sesama muslim namun non muslim..

    BalasHapus
  2. Masya Allah pak
    Sungguh baik hati bapak dengan mengasihani anak kecil yang bahkan tidak sesama muslim pun bapak care apalagi sesama muslim pasti MasyaAllah

    Dari paparan bapak diatas saya jadi terinspirasi apabila ingin mendapat raih walau terjal, seperti ingin meraih sarjana ingin didapat apapun tantangannya akan di hadapi diiringi dengan usaha dll. dengan adanya juga kisah anak kecil yang menjual tissu demi ingin beli hp untuk keperluan sekolah daring nya. Anak kecil saja bisa berjuang bagaimana dengan kita yang sudah dewasa saat ini.

    Terimakasih ilmu pengetahuannya pak
    Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuatu yg indah tak dapat jika tidak degan mandi keringat...sy teringat saat sekolah...9 km jalan kaki baru dapat Mts...dan mesti cari tambahan baru bsa lanjut

      Hapus
    2. Kita tidak pandng bulu apalagi bukan kita cari...seorang pelacur masuk sorga karena kebaikannya memberi minum bagi kucing yg sangat kehausan di gurun pasir (hadits)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus