ULAMA DALAM BERBAGAI DIMENSI


Ulama adalah para Ilmuan, itu adalah makna luasnya. Tapi spesifiknya adalah mereka yang menguasai Ilmu Agama Islam dan seluruh seluk beluknya.. Sebagai Ulama mereka punya tanggung jawab mengawal Aqidah dan keberislaman umat. Beberapa tanggung jawab sebagai Pewaris Nabi dalam  hal dakwah. Diantaranya: AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR dan YAD'UNA ILAL KHAIR.

Terkesima dengan opini sebagian bahwa Ulama itu harus menulis Buku/Kitab agar jangan punah bila tiada. Jadi Ulama tidak habis klo ada meninggalkan Kitab karyanya  Hem...betul itulah yang diharapkan dari Ulama. Tapi bukan berarti kehadiran Ulama tak berarti bilapun tak ada Kitab hasil karyanya. Apalagi dalam situasi kekinian.

Terlihat dan terasa bahwa Ulama itu sudah Ulama bila:

1. YAD'UNA ILAL KHAIR, maksudnya arti harfiahnya Ulama adalah mereka yang menyeru untuk menjalankan aturan Agama, baik secara lisan tentu sangatlah baik kalo ada dalam bentuk tulisan. Tapi harus kita pahami ketika seorang Ulama sibuk dengan aktivitas lisaniah dan mimbariyah lalu kapan ada waktu menulis? Kenapa? Menulis itu butuh waktu, butuh sarana, butuh biaya cetak dsb...dsb. Bukankah mereka yang banyak ide lalu dituliskan mereka dihempang oleh biaya yang harus ditanggung sendiri? Ya betul zaman Al-Makmun saat Baitul Hikmah di Baghdad eksis para Ulama dengan kaya karya tulis? Tapi kita jangan tutup mata kalo kesejahteraan mereka sepenuh hati jadi tanggungan BAITUL MAL WATTAMWIL, ada lumbung umat.....semacam dana abadi umat....makanya membuat Negara Maju harus menempatkan posisi Ulama, Ilmuan, Akademisi, Peneliti sebagai Matahari Penerang Peradaban, bukan dibungkam dan dipinggir-pinggirkan bagaikan tumpukan barang bekas menunggu dimusnahkan.

Ulama itu walau hanya dengan cara berjuang mengajak kepada jalan kebenaran adalah Ulama, asatizh sebagai suluh di masyarakat. Alhamdulillah mereka masih ada dan umumnya merereka hidup dengan sejuk dan tanpa mau ikut konplik kepentingan. Mereka berjalan untuk dakwah meyeru kepada kebaikan. Inilah satu kelompok barisan Ulama yang hanya tau dakwah agar masyarakat jadi baik santiasa taat pada Alloh. Mereka hanya berdakwah dengan Billisan.

Bersambung...

1 komentar:

  1. Terimahkasih banyak pak atas tulisannya, mau bertanya ini pak menurut Bapak Bagaimana deskripsi aktualisasi politik Ulama’ saat ini??

    BalasHapus